Rabu, 22 Juli 2015

Compagnia Missionaria del Sacro Cuore



Anna Maria, Ludo, P. Andreas Madyo SCJ, Antonia, dan Santina
       Mungkin banyak orang yang belum mengenal apa itu Compagnia Missionaria del Sacro Cuore atau yang diseingkat dengan CM yang dalam bahasa Indonesia disebut Serikat Misionaris hati Kudus Yesus. Mereka adalah serikat sekulir yang didirikan pada tanggal 25 Desember 1957 oleh pater Albino Elegante SCJ di Bologna Italia. Serikat sekulir ini memiliki dua kelompok anggota, yaitu pertama, para Misionarois Putri yang mengikrarkan 3 kaul, yaitu kemurnian, kemiskinan, dan ketaatan. Sedangkan kelompok kedua disebut para familiares, yaitu mereka yang tetap berstatus sebagai awam, entah sudah menikah atau tidak, namun menghayati Spriritualitas Serikat sekulir CM.

       Serikat sekulir ini menjadi bagian dari keluarga Dehonian, yaitu mereka yang dalam hidupnya ikut menghayati spritualitas Pater Dehon pendiri Kongregasi Imam-imam Hati Kudus Yesus (SCJ). Khususnya permenungan dari Injil Yohanes 19:37, “Mereka akan memandang Dia yang telah mereka tikam.” Misteri lambung Yesus yang ditikam dan mengeluarkan air dan darah yang menjadi sumber hidup batin dan misi para pengikut Serikat Misionaris.

       Pada kesempatan hari Selasa, 07 Juli 2015 yang lalu di Rumah Retret Podomoro Palembang, telah mengikrarkan kaul kekal 2 misionaris, yaitu Saudari Antonia Theresia Ingi dan Saudari Ludovika Endang Sulastri dihadapan Koordinator wilayah Indonesia Santina Pinovano dan pemimpin umum CM Anna Maria Berta yang keduanya datang dari Italia.

       Dalam kotbahnya Pater Andreas Madyo Sriyanto SCJ, Pater Propinsial SCJ menekankan pentingnya konsolidasi dari para anggota CM Indonesia. Meski anggotanya masih kecil namun namun konsoliadi sangat penting akan memberi kesaksian yang baik bagi umat dan akan membawa berkat bagi Gereja dan masyarakat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar