Kamis, 28 Juli 2016

Catatan Perjalanan WYD KRAKÓW Polandia 2016 Hari VI



Kegiatan hari ini diawali dengan sarapan pagi dan pkl. 08.30 tepat mulai bergerak menuju Bochnia. Di Bochnia kami melihat tambang garam. Kalau di Indonesia garam dibuat dari air laut, di Poland garam didapatkan dengan menambang nya, seperti tambang batu bara. Kami masuk ke dalam terowongan bawah tanah dengan suhu 6 derajat celsius. Garam" tersebut masih berbentuk bongkahan batu dan menyatu dengan tanah. 




Setelah selesai kegiatan di Bochnia, rombongan Dehonian dengan Bus menuju Paroki Domus Mater di Krakow. Paroki ini adalah karya paroki pertama SCJ di Poland. Maka gereja tersebut merupakan salah satu tanda sejarah SCJ berkarya di Poland, seperti halnya Tanjung Sakti di Indonesia.  Semua rombongan makan siang di Paroki ini. Setelah istirahat sejenak, semua rombongan bergerak menuju pusat kota Krakow, khusus nya sekitar Blonia. 


Jutaan orang muda sudah memenuhi kota Krakow. Beberapa Katedral kami kunjungi termasuk juga Katedral Wawalka, di mana Paus Yohanes Paulus II pernah tinggal di sana. Lokasi Katedral yang disebut juga dengan istilah Kastil, terletak di atas bukit sehingga dari sana kita bisa melihat seluruh wilayah kota Krakow. Kami menyempatkan diri mampir juga di Gereja St. Petrus dan Paulus tempat diadakannya konser musik untuk peserta WYD. Jutaan orang muda memadati kota Krakow yang indah, kita yang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak gereja indah dan megah. 

Salam dari Krakow

Rm. Yohanes Sigit Winarno SCJ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar