Jumat, 20 Maret 2015

Menjadi Sobat Cilik Jesus dalam acara Dehonian Day 2015



Ana-anak peserta Dehonian Day
Hai kawan datang dan tinggalkan dukamu
Sinarilah dunia dengan hatimu
Menjadi sobat cilik Yesus
Puji dan wartakan namaNya
Dengan semangat Pater Dehon
Kobarkan semangat cinta Hati KudusNya 

Angkat suaramu dan tepuklah kedua tanganmu
Putar badanmu dan melompatlah bersamaku
Cobalah lihat kiri kananmu itu semua sahabatmu
Sampaikanlah semangat cinta HatiNya
Melangkah, bergandeng tangan kita berseru..
Jadi sobat Yesus,...jadi sobat Yesus,...Jadi sobat Yesus

            Inilah theme song yang menjadi semangat acara Dehonian Day 2015 dalam rangka memperingati hari kelahiran Pater Dehon, pendiri kongregasi Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ) yang diselenggarakan di komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes, Gisting. Acara ini diikuti dan dimeriahkan oleh 8 kontingen anak-anak  BIA dan Sekami dari paroki Gisting yaitu stasi Batu Keramat, stasi Wonosobo, stasi Sumberejo, stasi Simpang Kanan, lingkungan Paulus 1, lingkungan Yohanes, lingkungan Don Bosco, lingkungan Fransiskus dan 3 kontingen dari luar paroki ini,yaitu paroki Kalirejo yang mengirim 2 kontingen dan Stasi Panutan (Paroki Pringsewu) dengan jumlah peserta sekitar 500-an anak dan pendamping. Turut hadir para Dehonian muda (YDC) lampung yang membuat suasana menjadi lebih berwarna. 
Lomba paduan suara
            Dalam kongregasi SCJ, tanggal 14 Maret atau yang biasa dinamakan Dehonian Day merupakan hari doa untuk panggilan. Untuk itu, Dehonian Day (Hari Dehonian) menjadi hari panggilan khusus untuk SCJ dan menjadi kesempatan untuk mengadakan aksi panggilan dengan mengemban semangat atau spiritualitas Dehonian. Komunitas Postulat-Novisiat menggunakan momen berharga itu dengan mengadakan acara temu anak-anak BIA dan SEKAMI dengan tujuan untuk memberikan pengalaman iman akan Tuhan dalam diri anak melalui perjumpaan dan kegembiraan satu dengan yang lain, secara khusus juga untuk menanamkan benih-benih panggilan dalam diri anak-anak Katolik karena merekalah yang nantinya akan menjadi penerus dan masa depan Gereja.  
            Acara temu anak-anak BIA dan SEKAMI ini mengusung tema besar yaitu “Menjadi Sobat Cilik Jesus”. Seperti dalam pengantar yang disampaikan oleh ketua panitia acara, mengharapkan semua yang hadir bisa merasakan persaudaraan dan memperoleh banyak sahabat. Romo Yohanes Rasul Susanto,SCJ yang membuka acara Dehonian Day 2015 secara resmi juga berharap agar dari sekian banyak perserta ini ada banyak yang terpanggil menjadi romo, suster, bruder atau menjadi orang Katolik yang baik.  
Acara Dehonian Day ini dimulai dengan berdinamika bergembira bersama di tenda utama. Pukul 09.15 para peserta mulai berhamburan dari tenda utama menuju pos-pos lomba yang diadakan dalam acara Dehonian Day. Panitia menyelengarakan beberapa jenis lomba untuk mengasah kemampuan dan bakat anak-anak serta untuk menumbuhkan keberanian dalam berliturgi seperti lomba Mazmur, lektor, vocal group. Ada juga lomba yang bertujuan untuk mengenalkan pribadi Pater Dehon dan semangat hidupnya seperti lomba Kuis Dehonian. Ada juga Kategori umum yang memacu kerja sama dalam kelompok seperti lomba kuliner bagi pendamping, pecah balon bagi anak-anak dan berburu sahabat.  
Setelah mencurahkan banyak tenaga dan pikiran dalam lomba-lomba, para peserta dihibur dengan penampilan-penampilan menarik, kreatif dan unik dalam lomba Dehonian Dance. Sorak-sorai dan teriakan membahana memberikan semangat baru. 
Seluruh rangkaian acara ini ditutup dengan perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Rm. Yohanes Ngatijan,SCJ bersama 4 Romo Konselebran. Romo F.X Joko Susilo,SCJ atau yang biasa dipanggil Romo Lilo yang mempunyai perawakan besar dan suara yang menggelegar ini menyampaikan kotbah dengan penuh semangat sehingga dapat membuat suasana menjadi lebih hidup dan bergairah. “Jadilah seorang sahabat yang mampu mengenali kebaikan teman, jadilah Sahabat Cilik Yesus dengan mau mengasihi Tuhan dan sesama serta berbalik dari kemalasan, dan jangan lupa untuk selalu memuliakan Nama Tuhan setiap hari”, ujar Romo Lilo dalam kotbah misa.
Setelah Ekaristi penutup, para peserta menanti dengan penuh harap pembagian hadiah lomba-lomba dan akhirnya kontingen Kalirejo I menjadi juara umum untuk Dehonian Day 2015 ini. Melalui acara Dehonian Day ini, semoga kerajaan Hati Kudus semakin menggema dan meraja dalam jiwa orang dan dalama masyarakat, seperti yang diharapkan oleh Pater Dehon. “DAN LES AMES ET DANS LES SOCIETES”

Oleh: Stefanus Widodo, Fr. Andreas Fajar Nugroho, Fr. Albertus Bayu Christanto (Postulan dan Novis SCJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar