Jumat, 01 Mei 2015

Pekan Studi Imam Junior 2015


Sejak tgl 16 sampai dengan 20 April 2015, para imam Junior SCJ Propinsi Indonesia mengadakan pekan studi di RR Giri. Sedangkan yang dimaksud dengan Imam Junior adalah para Imam yang ditahbiskan 10 tahun ke bawah. Tahun ini para imam Junior yang hadi ada 31 Imam dari 40 imam Junior SCJ Indonesia. 

Tema Pekan Studi kali ini adalah Konseling Pastoral Keluarga. Mengingat para Imam disamping pelayan Sakramental juga seringkali dihadapkan dengan problem-problim keluarga dari umat yang dilayani, dan mereka membutuhkan layanan konseling dalam mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam keluarga mereka. Maka dirasa sangat penting agar para Imam juga memiliki kemampuan sebagai konselor Keluarga.

Narasumber pekan studi ini ada 3 orang, yaitu: RP. Yohanes Aristanto MSF (direktur Pusat pastoral MSF), RP. F. Yamrewav MSF (Socius Novisiat MSF) dan RP. Yulius  Sunardi SCJ. Pada hari pertama, para Imam Junior belajar tentang bagaimana memiliki sikap-sikap yang mesti dimiliki seorang konselor yang baik. Hari kedua, banyak belajar tentang teknik konseling, kasus-kasus  dan masalah keluarga serta berlatik bagaimana menerapkan tenik-teknik konseling. Hari-hari selanjutnya belajar tentang permasalahan keluarga lewat sharing beberapa keluarga yang rela mensharingkan masalah yang saat ini mereka hadapi. 

Melalui tema konseling pastoral keluarga ini, para imam junior disadarkan akan pentingnya konseling pastoral keluarga yang tidak banyak dipelajari dan disinggung selama masa perkuliahan.

Foto-foto bisa Anda lihat di : PSIJ 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar