Senin, 11 Mei 2015

Minggu Kasih di Tugumulyo OKI



Duapuluh satu tahun sudah Paroki Kristus Raja Tugumulyo OKI berdiri, usia yang masih sangat muda. Namun sudah cukup banyak panggilan menjadi Imam-Biarawan/wati. Peran pastor di paroki sangat mempengaruhi tumbuh berkembangnya panggilan dan tentu saja partisipasi umat terlebih keluarga-keluarga katolik juga sangat vital. Untuk memupuk benih-benih panggilan yang sudah ada, diselenggarakanlah perayaan Minggu Panggilan dan Tahun Hidup Bakti di paroki ini. Perayaan ini diadakan hari Minggu tanggal 10 Mei 2015 dan mengundang beberapa tarekat hidup bakti yaitu, Suster-suster FSGM, CB, FCH, PBHK, HK, freter-frater BHK, Bruder FIC, SCJ, Diosesan Palembang, dan tentu saja tuan rumah MSC. Menurut pastor paroki, RP. Marcelinus Koa MSC, perayaan minggu panggilan dengan mengadakan aksi panggilan semacam ini baru pertama kalinya diadakan setelah 21 tahun paroki ini berdiri. Beliau berharap di masa-masa mendatang menjadi peristiwa yang rutin. Karena menurut imam asli dari Flores ini paroki Tugumulyo OKI merupakan ladang yang subur bagi panggilan, tinggal dipupuk dan dipelihara.



RD Yustinus mengatakan dalam kotbahnya bahwa perayaan ini menjadi Minggu Kasih. Menurut Romo yang menjadi imam diosesan Keuskupan Agung Palembang ini, panggilan merupakan tawaran kasih Allah dan sambutan manusia atas tawaran kasih Allah tersebut. Tepat sekali dengan tema bacaan untuk hari Minggu ini yang sarat dengan kosakata yang berhubungan dengan gagasan “kasih”: saling mengasihi”, “tinggal dalam kasih”, dan “memberikan nyawa demi sahabat-sahabatnya”, demikian ungkap putra asli paroki ini.

Setelah perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan pembukaan Aksi Panggilan dengan perkenalan secara singkat tarekat-tarekat yang datang. Setelah makan siang dilanjutkan dengan masuk dalam kelompok-kelompok kategorial yaitu Bina Iman anak dan Remaja, OMK, Umat pada umumnya, serta keluarga timbalan (keluarga yang anaknya/saudaranya menjadi Imam-biarawan/wati). Masing-masing memperdalam dan berbagi pengalaman tentang hidup bakti. Acara ini berlangsung dengan sangat baik dan didukung dengan penuh antusias umat yang hadir.


foto-foto bisa di lihat di: Aksi Panggilan Tugumulyo OKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar