Selasa, 23 Februari 2016

Rapat FKPR PGP di Batam


Batam Oase Center merupakan Rumah Retret yang dikelola oleh kongregasi SSCC (Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria). Tempat ini yang tahun ini menjadi tempat rapat tahunan FKPR PGP (Forum Kerjasama Pemimpin Religius Provinsi Gerejani Palembang). Rapat ini diselanggarakan dari tanggal 12 s/d 14 Februari 2016 dan dihadiri oleh para Pemimpin kongregasi yang berkarya di wilayah Sumbagsel (Propinsi Gerejani Palembang) serta perwakilan pengurus tim-tim yang bekerja dibawah FKPR. Anggota FKPR sendiri adalah SCJ, SS.CC, FCh, FSGM, HK, dan SJD.

 FKPR PGB sendiri memiliki kelompok kerja atau tim kerja yaitu, Tim Bina Lanjut (TBL), Tim Formasio Dasar (TFD), dan Tim Kerasulan Sosial dan Kemanusiaan (TKSK). Semua TIM memiliki kepengurusan sendiri dan bekerja dibawah koordinasi FKPR. Ketua FKPR saat ini dipegang oleh Propinsial SCJ, Rm. Andreas Madya Srijanto SCJ, dengan sekretaris Sr. M. Henrika FCh (Pemimpin Umum FCh), sementara anggotanya Sr. M. Aquina FSGM (Propinsial FSGM), Sr. Theodora HK (Pemimpin Umum HK), Sr. Katarina SJD (Propinsial SJD), Sr. Josepha KKS, dan Rm. Boni Payung SS.CC.


TBL (Tim Bina Lanjut) sendiri merupakan Tim yang bertujuan untuk memberi pendampingan pagi para religius setelah masa formasio dasar yaitu untuk Medior, Senior, dan menyelenggarakan kursus-kursus spritual dan pendampingan lainnya. TFD (Tim Formasio Dasar) merupakan Tim yang anggotanya terdiri para pemimpin postulan dan novis, serta pendamping yunior, sebab mereka yang akan mengadakan kerjasama dalam pendampingan formasio dasar (untuk postulan, novis, serta yunior). 

Sedangkan TKSK (Tim Kerasulan Sosial Kemanusiaan) merupakan kelanjutan kelompok yang dulu bernama FOKAR (Forum Kerjasama Antar Religius) Sumbagsel. Tugas Tim ini adalah menganimasi kegiatan yang bersifat kerasulan, sosial, dan kemanusiaan. Anggota TKSK adalah para Religius yang berkarya di PGP. TKSK sendiri dibagi dalam tiga wilayah, yaitu TKSK Tanjungkarang, TKSK Keuskupan Agung Palembang, dan TKSK Pangkalpinang. Sedangkan anggota TKSK sendiri adalah semua tarekat yang berkarya di PGP termasuk tarekat yang pusat kongregasi tidak berada di wilayah PGP, antaralain MSC, FIC, BHK, SVD, CB, FMM, dll.


Rapat tahunan yang diselenggarakan oleh FKPR adalah bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar kongregasi. Melihat atau mengevaluasi program kerja dari TIM-TIM tahun sebelumnya dan membuat atau menyusun program kerja di tahun mendatang. Kesempatan rapat kali ini juga digunakan untuk mengunjungi Novisiat SS.CC yang berada tidak jauh dari kompleks Rumah Retret. Kunjungan di Novisiat SSCC ditutup dengan menerbangkan lampion sebagai simbol untuk mewartakan cinta kasih ke segenap manusia.



Pada hari terakhir pertemuan, seluruh peserta diajak untuk berkunjung di Pulau Galang. Pulau Galang adalah pulau yang dahulu menjadi penampungan para pengungsi dari Vietnam. Pulau ini oleh pemerintah digunakan menjadi tempat wisata rohani, ada Vihara, Gereja, dan rencana akan dibangun jalan salib yang indah di tempat ini. rekreasi dilanjutkan dengan mengunjungi tempat karya para suster JMJ yaitu asrama serta para suster RGS yang mendampingi para buruh.


foto-foto bisa anda lihat di: Rapat FKPR 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar