Minggu, 23 November 2014

Pelatakan Batu Pertama Rumah Propinsialat SCJ



Hari Sabtu tanggal 22 November 2014 tepat peringatan St. Caecilia Perawan dan Martin, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah propinsialat SCJ di Soak tepatnya Jl. Gotong Royong Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Peletakan batu pertama ini dimulai dengan ibadat sabda yang dipimpin oleh Pater Propinsial SCJ, Rm. Andreas Madya Sriyanto SCJ dan dihadiri oleh para Romo, Bruder, frater SCJ, perwakilan warga setempat, dan panitia pembangunan.

 Setelah 90 tahun SCJ berkarya di Indonesia, sudah memiliki anggota kurang lebih 120 anggota yang berkaul kekal. Memang banyak para anggota SCJ yang berkarya dan tinggal di paroki-paroki di 5 keuskupan, namun mereka tidak tinggal di rumah SCJ (rumah milik SCJ) melainkan pastoran-pastoran milik keuskupan. Selama ini SCJ hanya memiliki Rumah Biara beberapa saja, antara lain, Novisiat Gisting, Biara Gembala Baik Gisting untuk anggota SCJ yang sakit dan sudah pensiun, Skolastikat SCJ dan Visma Vijaya Praya di Yogyakarta untuk rumah pendidikan para frater dan bruder SCJ, serta beberapa rumah superiorat wilayah, dan Rumah Propinsialat SCJ yang lama.


Rumah Propinsialat merupakan Rumah Biara Induk SCJ, tempat tinggal Peter Propinsial dan sekaligus kantor propinsial. Tempat ini juga merupakan rumah induk, tempat para anggota SCJ untuk tinggal, beristirahat, menimba semangat baru, sama seperti seorang anak yang pulang ke tempat orangtuanya untuk berlibur, berkumpul, mengadakan pertemuan,  dan atau menimba semangat yang baru. Dengan demikian para Romo, Bruder, dan Frater SCJ mampu melaksanakan tugasnya kembali dengan semangat yang bar.  Selama ini Rumah Propinsialat dirasakan kurang memenuhi syarat untuk aneka fungsi dan harapan seperti yang diungkapkan diatas, disamping kurangnya kamar dan ruang pertemuan. Maka direncanakan untuk membangun rumah propinsialat yang baru yang lebih nyaman. 


Propinsialat Lama

Dengan dimulainya peletakan batu pertama ini, maka dimulailah pembangunan biara induk, rumah propinsialat yang baru. Bukan berarti semuanya sudah siap tersedia namun semuanya masih dalam proses termasuk dalam hal dana yang masih banyak kekurangannya. Masih dibutuhkan banyak dukungan dan perhatian, baik doa maupun dana. Semoga pembanguan dan berjalan dengan baik dan tepat waktu seperti yang diharapkan, sehingga pelayanan para Romo dan Bruder SCJ mampu diberikan lebih maksimal lagi demi semakin luasnya Kerajaan hati Kudus Yesus di tengah masyarakat dan dunia. Amin.

foto-foto yang lain bisa Anda lihat di: 
https://plus.google.com/photos/111270483211043858584/albums/6084686262418089521

Tidak ada komentar:

Posting Komentar