Selasa, 01 Februari 2011

Paparan Visi-Misi SCJ 2010-2013 dan Misa Perdana

Assembly (Bagian Kedua) – Masih di tanggal 26 Januari 2011, kita mengadakan assembly di Aula Rumah Retret Giri Nugraha. Beberapa hal dapat disimpulkan dari acara tersebut:

1. Visi Misi DPP SCJ Indonesia adalah arah dan tuntunan langkah kita selama tiga tahun ini. Sebagai sebuah tuntunan dan arah, visi dan misi bukanlah milik propinsial dan dewannya saja tetapi adalah milik kita. Visi dan misi menjadi penting agar kita bisa membuat langkah-langkah yang terukur sehingga pada saatnya nanti kita dapat menilai, mengkritisi, dan merefleksi secara lebih objektif. Diharapkan agar dengan refleksi yang baik, kita dapat melanjutkan rencana-rencana berikut secara lebih baik pula.

2. Visi dan misi yang telah dibuat untuk rentang tahun 2010-2013 adalah sintesa dari usulan-usulan, masukan-masukan, refleksi bersama saat assembly tahun 2010 serta harapan-harapan DPP SCJ Indonesia dan para konfrater yang juga diterangi oleh arah hidup kita sebagai kongregasi yang telah dicanangkan dalam Kapitel Propinsi maupun Kapitel Jendral yang lalu.

3. Pater Propinsial memberikan beberapa tekanan untuk beberapa hal yang terdapat dalam visi dan misi kita. Merefleksi kembali dan kemudian membuat penegasan konkrit atas spiritualitas hidup berkomunitas menjadi salah satu hal yang ditekankan di awal pemaparannya. Bagi kita, hidup berkomunitas adalah salah satu perutusan dan spiritualitas kita. Hal ini menjadi hal yang penting sekaligus harus dibangun, dikembangkan dan dijaga dalam hidup bersama kita. Langkah-langkah yang konkrit misalnya: membuat secara rutin dalam komunitas pertemuan bersama, lectio divina, doa bersama dan lainnya. Hal lain yang diusahakan adalah restrukturasi hidup berkomunitas seperti yang telah dijelaskan dalam visi dan misi.

4. Bagian penting yang lain dalam visi-misi adalah usaha dan kesanggupan kita untuk menjawab tuntutan gereja dan masyarakat setempat terhadap kebutuhan konfregasi. Salah satu yang penting yang telah, sedang dan akan kita buat adalah kesanggupan kita untuk mendukung gerakan misi Kongregasi. Dalam acara ini, Rm. Christianus Hendrick, SCJ dan Rm. Agustinus Agus Suyono, SCJ menyampaikan pengalamannya sebagai orang yang diutus berkarya di daerah misi.

Pada pukul 17.00, diadakan Misa Perdana Imam baru didampingi Diakon baru sebagai penutup rangkaian kegiatan assembly. (Sekprop, Fiat Lux – Januari 2011)

Berita dalam gambar: http://picasaweb.google.com/brgatotscj/AssemblySCJ26Januari2011#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar