Senin, 21 Februari 2011

Temu FKPA Regio DIY-Jateng

Tumbuhkan Keakraban di antara Para Anak Panti Asuhan

Sabtu-Minggu (12-13 Februari 2011) Skolastikat SCJ Yogyakarta dipenuhi oleh anak-anak panti asuhan yang berada di region DIY-Jateng. Mereka mengadakan pertemuan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Panti Asuhan (FKPA) Regio DIY-Jateng. Kegiatan ini diikuti oleh 204 anak dari 16 panti asuhan yang ada di region DIY-Jateng.
Keenambelas panti yang mengikuti pertemuan tersebut adalah: PA Pangrekso Dalem Temanggung, PA St. Maria Ganjuran, PA Marganingsih Lasem, PA Brayat Pinuji Boro, PA Panti Rini Purworejo, PA St. Thomas Ungaran, PA Karuna Putri Solo, PA Karuna Putra Solo, PA Sancta Maria Boro, PA SOS Desa Taruna Banyumanik Semarang, PA St. Thomas Ngawen, PA Taman Bina Anak Bangsa Gunung Kidul, PA RSPA Anak Bangsa YSS Semarang, LPATR Don Bosco Wonosobo, Hellen Keller Yogyakarta, dan SLB Dana Upakara Wonosobo.
Pertemuan ini mengangkat tema “Berjumpa, Bersyukur, Bertumbuh.” Para frater dilibatkan menjadi tim animator sekaligus panitia pertemuan. Aula Skolastikat SCJ dan beberapa ruangan lain dipakai untuk pertemuan ini, khususnya sebagai tempat menginap para peserta. Karena terbatasnya ruangan untuk menginap, garasi sepeda para frater pun ‘disulap’ menjadi ruangan untuk menginap para peserta.
Pertemuan dibuka dengan perayaan Ekaristi di kapel Skolastikat SCJ yang dipimpin oleh Mgr Johannes Pujasumarta, Uskup Agung Semarang. Dalam Ekaristi itu, Bapa Uskup didampingi oleh Rm Luhur Pribadi Pr (Moderator FKPA KAS), Rm Juliwan SCJ (Rektor Skolastikat SCJ), Rm Markus SCJ dan Rm Susanto SCJ (Staf Skolastikat SCJ).
Dalam homilinya, Bapa Uskup menyatakan rasa syukurnya atas keterlibatan Gereja Katolik dalam berbagai macam kegiatan sosial. Panti Asuhan sebagai salah satu bentuk keterlibatan sosial Gereja diharapkan akan semakin dapat menumbuhkan semangat Kristiani dalam diri anak-anak yang ada di dalamnya. “Walaupun tidak semua anak asuh beragama Katolik, namun mereka juga diharapkan bisa berkembang dalam berbagai macam keutamaan,” tegas Mgr Puja.
Suasana keakraban dan kegembiraan nampak dalam diri para peserta pertemuan, terlebih pada saat acara pentas seni yang dilakukan di aula Skolastikat SCJ. Setiap panti asuhan menampilkan atraksi dan kreativitasnya. Pagi harinya, suasana menjadi semakin nampak akrab pada saat para peserta melakukan outbond yang dipandu oleh para frater SCJ. Ada berbagai macam permainan yang dilaksanakan dalam outbond di lingkungan Skolastikat SCJ dan wilayah Klaseman-Sengkan. Melalui berbagai permainan tersebut anak-anak diharapkan semakin saling mengenal satu sama lain dan pada akhirnya mampu saling bekerjasama di antara mereka.
Sementara itu, Sr Yovina OSF, Koordinator FKPA Regio DIY-Jateng berharap agar pertemuan ini juga bisa menjadi tempat bagi para peserta untuk mensyukuri hidup mereka sebagai anak-anak Allah. Ia juga berharap agar acara ini juga semakin mengembangkan tanggungjawab dan kerjasama di antara anak didik Panti Asuhan. (fr st sigit p scj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar