Selasa, 01 Februari 2011

Seminar “Pola Hidup Sehat” dan Bedah Buku

Assembly (Bagian Pertama) - Satu hari setelah tahbisan, yaitu tanggal 26 Januari 2011, di Aula Rumah Retret Giri Nugraha – Palembang diadakan rangkaian Seminar dan Bedah Buku. Di pagi hari, mulai pukul 07.30, kita memulai rangkaian acara hari itu dengan seminar seputar pola hidup sehat. Sebagai pembicara dalam acara ini adalah Prof. dr. Hardi Darmawan. Pola hidup sehat sebenarnya merupakan perpaduan keseimbangan antara kesehatan fisik dan psikis. Keseimbangan itu bisa diusahakan dan dijaga dengan pola istirahat yang baik, manajemen stress, pola makan dan pola beraktifitas. Salah satu saran yang kiranya pantas kita buat pula adalah harapan agar kita secara periodik memeriksakan kesehatan kita. Acara seminar kesehatan ditutup sekitar pukul 09.00.

Dalam rangka menggali nilai-nilai perjuangan para perintis Gereja di wilayah Sumatera Bagian Selatan, maka di hari itu pula diadakan bedah buku “Kawanan Kecil di Sumatera Selatan 1848-1942” buah karya Herman Yosep Sunu Endrayanto. Acara melibatkan konfrater SCJ, para suster dari komunitas-komunitas dari dalam maupun dari luar Kodya Palembang, dan beberapa orang awam.

Sejarah bukanlah melulu diisi dengan rangkaian data waktu, tempat dan tokoh. Dibalik semua data itu ternyata ada sebuah kisah panjang akhirnya berujung pada kesadaran bahwa rahmat Allah yang mengutus kita kadang harus melewati peristiwa-peristiwa yang kadang tragis, berat dan melelahkan. Lewat uraian sejarah itu pula, kegigihan para pendahulu kita baik dari SCJ maupun para suster FCh seakan dibangkitkan dan dikobarkan kembali. Yang kita alami sekarang ini adalah buah manis dari keringat dan mungkin darah para pendahulu kita. Kerjasama yang erat dan baik antara kita dan para suster FCh adalah salah satu dari buah para pendahulu kita.

Pembicara dalam acara tersebut adalah Bapak Herman Yosep Sunu Endrayanto, dan sebagai penanggap adalah Sr. Maria Martha, FCh dan P. Nico van Steekelenburg, SCJ. Sementara itu P. C. B. Kusmaryanto, SCJ bertindak sebagai moderator. (SekProp, Fiat Lux – Januari 2011)

Berita dalam gambar: http://picasaweb.google.com/brgatotscj/AssemblySCJ26Januari2011#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar