Selasa, 14 Desember 2010

Sari Berita Propinsi bulan Juli 2010

1. Pelantikan Pimpinan SCJ Propinsi Indonesia 2010-2013:

Pada tanggal 15 Juli 2010 P. Andreas Madya Sriyanto SCJ beserta 4 anggota dewan penasihat dilantik untuk menjadi Propinsial dan Dewan Penasihat SCJ Propinsi Indonesia untuk periode 2010-2013 dalam Ekaristi Kudus yang dilaksanakan di rumah retret Giri Nugraha Palembang.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. Aloysius Sudarso SCJ dan didampingi oleh Mgr. John Philips Saklil Pr (Uskup Timika), Pater Jenderal, P. Paulus Sugino SCJ, P. Andreas Madya Sriyanto SCJ, dan P. Alexander Sapta Dwi Handoko SCJ.

---------------------

2. Tahbisan Imam dan diakon:

Tahbisan imam dan diakon dilaksanakan di gereja St. Pius X, Gisting. Mgr. Andreas Henrisoesanta, SCJ berkenan mentahbiskan 5 diakon SCJ menjadi imam, 2 frater SCJ dan 1 frater diosesan Tanjungkukarang menjadi diakon.

Hampir semua imam SCJ propinsi Indonesia, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ, Pater Jenderal, dan imam diosesan keuskupan Tanjungkarang hadir dalam upacara itu. Setelah menjalani masa ‘bulan madu’ para imam baru itu akan kembali ke tempat tugas semula:
·         P. Alfonsus Zeam Rudi di paroki St. Yohanes, Bengkulu
·         P. Antonious Suedi OKI Kuncoro di paroki St. Yoseph, SP3, Timika
·         P. Eduradus Sriyanto di Radio Suara Wajar, Telukbetung
·         P. Louis Antony Wijaya di paroki St. Stefanus, Cilandak, Jakarta
·         P. Paulus Guntoro di paroki Stella Maris, Kokonao, Timika.

-------------------------------

3. Peringatan Pesta Perak:

Pada tanggal 20 Juli 2010 sore diadakan perayaan pesta perak hidup membiara P. Constantinus Kristianto SCJ, P. Blasius Sukoto, SCJ, P. Laurentius Purwanto, SCJ, P. Thomas Basiran SCJ, P. Yohanes Juliwan Maslim SCJ, dan Br. Mateus Sumarjo, SCJ. Karena menjadi misionaris di India, maka P. Constantinus Kristianto SCJ tidak dapat hadir dalam perayaan ini.

Perayaan diawali dengan ibadat sore meriah dan dilanjutkan dengan makan malam dan rekreasi bersama. Dalam renungannya P. Blasius Sukoto, SCJ yang mewakili para pestawan mengungkapkan butir-butir refleksi mereka yang berisi suka-duka dalam hidup membiara, evaluasi perjalanan panggilan selama ini, dan komitmen untuk menjadi dehonian yang setia. Beberapa hari sebelumnya kelima konfrater ini membuat refleksi bersama di Batu Kramat. Para frater skolastikat mengisi malam rekreasi bersama dengan ‘talk show’ yang menghadirkan kelima pestawan untuk menjadi nara sumber.

---------------------

4. Assembly:

Sebagaimana telah direncanakan, pada tanggal 21 Juli 2010 diadakan assembly  yang dimoderatori P. Thomas Suratno SCJ. Dalam assembly  tersebut pertama-tama P. Alex Sapta SCJ menyampaikan buah-buah refleksinya selama beliau menjadi Propinsial dari tahun 2004 sampai 2010. Selanjutnya  P. Andreas Madya Sriyanto SCJ menyampaikan ‘mimpi-mimpi’ nya sebagai Propinsial baru. Kemudian Pater Jenderal dan P. Paulus Sugino SCJ mengungkapkan kesan-kesan mereka selama kunjungan ke propinsi Indonesia.

Setelah makan siang ada diskusi kelompok yang membahas prioritas Propinsi Indonesia dalam waktu 3 tahun ke depan. Ada banyak masukan yang masih akan diolah oleh Dewan Pimpinan SCJ propinsi Indonesia. Secara umum dapat dikatakan bahwa para konfrater menghendaki supaya hidup berkomunitas menjadi prioritas utama. Prioritas yang lain adalah spiritualitas, formatio, dan hal lain yang berkaitan dengan hidup pengabdian kita di tengah Gereja dan masyarakat.

--------------------

5. Misa Perdana dan Pengutusan:

Assembly  diakhiri dengan misa perdana imam baru yang didamping 2 diakon baru. Dalam homilinya P. Louis mensharingkan perjuangannya mencapai imamat dan kebahagiannya sebagai imam baru. Ia juga mengungkapkan tekadnya untuk setia sampai mati. “Saya ingin dikuburkan dengan memakai kasula ini, begitulah cita-citanya.

Dalam Perayaan Ekarisiti itu juga diadakan pengutusan untuk para konfrater yang akan pergi ke tanah misi: P. Vincentius Suparman SCJ yang akan ke USA, P. Philipus Aditya Subono SCJ dan P. Laurentius Purwanto yg akan bermisi ke Madagaskar.

-------------------

6. Pemberkatan Kapel Makam:

Sebagaimana telah diketahui FSGM dan SCJ bekerjasama untuk menata ulang makam imam dan biarawan-biarawati di Pringsewu dengan membangun kapel dan memindahkan jenazah Mgr. Hermelink Gentiaras SCJ di dalam kapel tersebut. Upacara pemberkatan kapel dan pemakaman kembali jenazah Mgr. Hermelink dilaksanakan pada tanggal 22 Juli dan dipimpin oleh Mgr. Andreas Henrisoesanta SCJ. Setelah pemberkatan ini masih akan dibangun moselium di samping kanan dan kiri kapel.

--------------------

7. Rapat Dewan Diperluas:
Bertempat di rumah Gembala Baik, Gisting pada tanggal 23 Juli sore diadakan Rapat Dewan Diperluas bersama dengan Pater Jenderal dan penasihatnya. Selain DPP baru, Ekonom Propinsi dan para ketua Komisi Propinsi, para Rektor dan Superior wilayah beserta perangkatnya juga hadir dalam pertemuan ini. Dalam arahannya Pater Jenderal menjelaskan prinsip-prinsip kepemimpinan berdasarkan teks Kitab Suci dan pengalaman pribadinya.

Sekretariat propinsi telah menerbitkan pokok-pokok pemikiran Pater Jenderal dalam buku kuning yang berjudul: DEMI PELAYANAN KOMUNITAS YANG MENDENGARKAN DAN YANG MEWARTAKAN. PELAYANAN OTORITAS ATAU KEPEMIMPINAN DALAM HIDUP BAKTI. Kiranya baik kalau para konfrater semua meluangkan waktu untuk membaca dan mendalami buku tersebut.

------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar